Senin, 08 Juli 2013

Pengertian, Jenis dan Metode Pidato

| Senin, 08 Juli 2013 |

Pengertian pidato atau orasi adalah kegiatan berbicara didepan orang banyak. 

Jenis Pidato ada 3 dilihat dari tujuannya, yaitu :

1. Pidato yang bertujuan memberikan sesuatu kepada pendengar (informative)

2. Pidato yang bertujuan menghibur atau menyenagkan pendengar (rekreatif)

3. Pidato yang bertujuan mempengaruhi pendapat atau pendirian pendengar atau bersifat membujuk para pendengar untuk berbuat sesuatu (persuasif)

Metode pidato ada 4 yang biasa digunakan, yaitu :

1. Metode impromptu (sertamerta). Metode ini dilakukan tanpa persiapan, karena situasi darurat, pembicara sertamerta berbicara sesuai dengan kemampuan dan kemahirannya.

2. Metode menghafal. Metode ini tidak hanya direncanakan, tetapi juga ditulis secara lengkap dan dihafalkan kata demi kata.

3. Metode naskah. Metode ini biasanya digunakan dalam pidato resmi, pidato di televisi dan pidato di radio. Pidato dilaksanakan dengan cara membaca teks yang telah disusun sebelumnya.

4. Metode estemporan (tanpa persiapan naskah). Metode ini sangat dianjurkan, karena merupakan jalan tengah antara metode menghafal dan metode naskah. Metode ini direncanakan dengan cermat dan diberi kerangka (outline) yang terinci. Dengan kerangka tersebut, pembicara bebas berbicara serta bebas pula memilih kata-katanya sendiri. kerangka itu hanya digunakan untuk mengingat urutan-urutan ide atau gagasan.

 
© Copyright 2013Pelajaran Bahasa Indonesia